statistics

Recent

Comment

Subscribe

Popular

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Paling Dilihat

Apa itu Cloudflare ? Apa Kegunaan dari Cloudflare ?


 
 
 
Beberapa hari yang lalu saya mengakses sebuah situs tetapi gagal loading dengan pesan kesalahan bahwa server sedang mengalami masalah. Dalam pesan kesalahan tersebut menyebut-nyebut kata Cloudflare. Timbul di benak saya apa sih sebenarnya cloudflare itu karena merupakan istilah baru buat saya.
 
Langsung saja saya buka halaman mbah google ku ketik kata kunci coudflare.
Dari beberapa link menyebutkan bahwa :
CloudFlare adalah pengiriman konten jaringan dan layanan DomainName Server didistribusikan bertujuan untuk meningkatkan kinerjawebsite dan kecepatan dan menyediakan keamanan. ( Sumber Wikipedia )

Fitur cloud data network atau content delivery network (CDN) yang lazim digunakan para raksasa internet semisal Google, Facebook, Twitter, Amazon, PayPal, EBay, dst. kini tersedia bagi para pemilik situs kelas biasa saja. CloudFlare (http://www.cloudflare.com/) memungkinkan anda untuk memakai layanan CDN mereka secara gratis maupun berbayar.
Sebelumnya, mari kita tengok sedikit, apa sesungguhnya cloud data network/content delivery network (CDN) ini?
Cloud Data Network secara sederhana dapat diibaratkan seperti ini: membagi beban pekerjaan dari satu server ke banyak server di banyak lokasi (bahkan negara).
Menggunakan CDN berarti akan menyebarkan data dari server utama ke banyak server di berbagai belahan dunia. Konfigurasi ini tentunya sangat menguntungkan dari sisi kecepatan akses data, karena server dan data secara fisik memang tersedia di dalam area lokal yang sama dengan si pengakses (bila menggunakan koneksi internet yang super selow, akses ke google.co.id jauh lebih cepat daripada ke google.com)
Di seluruh dunia terdapat lebih 20 data center CloudFlare, sedangkan di Asia Tenggara terletak di Singapura. CDN sangat disukai karena bisa menghemat bandwith sampai 50 % oleh karena itu website akan menjadi 2x lebih cepat. Walaupun website anda sudah menggunakan plugin cache w3 total cache, hal itu tidak akan bisa menandingi kecepatan dari CDN Cloudflare.
Berikut adalah beberapa fitur yang dimilki CloudFlare
1. Mirroring : Konten yang berada pada situs anda akan menjadi mirror ke setiap data center Cloudflare. Hal ini yang menyebabkan website anda meningkat lebih cepat ketika pengunjung berada jauh dari server utama.
2. Caching : Cloudflare sendiri menjalankan fungsi caching dimana konten yang anda miliki akan di cache pada waktu dan kondisi tertentu. Dengan fitur ini akan menghemat bandwith hosting anda, terutama jika hosting anda menerapkan limit pada bandwith. Untuk lebih jelasnya, ketika anda menggunakan cloudflare, koneksi anda akan terjalin dua arah yaitu ke pengunjung website dan ke server.
3. Firewall : dengan menggunakan firewall website anda akan terlindungi, anda juga bisa memblokir IP dari Negara lain, sehingga anda bisa menentukan pengunjung mana saja yang akan mengunjungi website anda.
4. Analytics : Memonitoring segala kegiatan yang ada pada website, seperti jumlah request yang terjadi selama 24 jam terakhir, jumlah unique visitor, asal visitor, dan memonitor bandwith selama 24 jam full.
5. Railgun : fitur ini adalah fitur yang menjadi favorit karena kecepatan website anda akan meningkat kecepatannya hingga 300%. Akan tetapi fitur ini hanya bisa dipakai untuk versi berbayar atau ketika hosting anda sedang menjalin kerjasama dengan Clodflare.

Dari hasil kesimpulan beberapa artikel dapat disimpulkan sementara sebagai berikut :
Cloudflare adalah layanan yang disediakan oleh salah satu perusahaan jasa untuk mempercepat akses website.


Sumber : 
Menasihati diri sendiri merupakan salah satu tugas yang tersulit. Karena yang akan melawan nasihat tersebut, adalah diri sendiri.