statistics

Recent

Comment

Subscribe

Popular

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Paling Dilihat

Perbedaan windows 32 bit vs 64 bit

Halo semuanya :D .... Berapa bit kah laptop kamu ? 
Coba liat di MyComputer ->klik kanan-> properties …. nah disitu akan tertera “type system” windows kamu….
Atau klik Start -> control panel -> system
32 bit ataukah 64 bit ???













                     ATAU




Nah ini juga sempat jadi pertanyaan seorang temannya saya dan ini memang pertanyaan umum yang sering muncul…saat itu dia menanyakan apa sich bedanya windows versi 32 bit dengan versi  64 bit…untungnya sebelumnya pernah sempat-sempat baca di rumah om google….jadi bisa jawab sedikit-sedikit ..hehe
istilah type system 32 bit atau 64 bit lebih mengacu ke cara kerja processor (atau biasa disebut dengan CPU) menghandle informasi, jadi lebih ke tentang arsitektur processor,  windows 64-bit menangani sejumlah besar random access memory (RAM) lebih efektif daripada sistem 32-bit.
Nah lho….. jadi versi OS manakah yang mesti saya instal kalo begitu…..pake 32-bit atau 64-bit ??? hmmmm
Jika kita mau menginstal windows versi 64-bit, tentunya kita harus mempunyai prosesor (CPU) yang mampu menjalankan windows versi  64-bit, yang paling jelas manfaat yang terasa ketika  menggunakan versi 64-bit adalah ketika mempunyai RAM yang besar diatas 4 GB atau lebih, karena biasanya windows versi 32-bit tidak support jika komputer kita dipasang RAM diatas 2 GB.  Kenapa? Ya itu tadi, karena versi 64-bit dapat menangani jumlah memori yang lebih besar dan lebih efisien dibandingkan dengan versi 32-bit.
Lalu apakah program-program 32-bit bisa berjalan di sistem operasi 64-bit atau sebaliknya???…. kebanyakan sich bisa, tapi program 32-bit akan berjalan lebih lambat di sistem operasi 64-bit terus driver-driver 32-bit tidak bisa berjalan pada sistem operasi  64-bit. Misalnya jika kita install printer atau device apa saja yang hanya menyediakan driver 32-bit, maka printer tersebut kadang tidak berfungsi dengan baik atau bisa jadi tidak berfungsi  sama sekali. Dan kalo itu terjadi..maka segeralah cari atau download driver-driver versi 64-bit untuk perangkat (devices) kamu…
Dan begitu juga jika memang program atau software tersebut khusus di design atau diperuntukan  untuk Windows versi 64-bit, maka program-program tersebut  tidak dapat berjalan pada sistem operasi  32bit. Tapi jangan terlalu khawatir karena kebanyakan program-program 32-bit masih bisa dijalankan di windows 64-bit…kok.. ( ini ceritaku…..apa ceritamu…hehe ) kaya iklaan mie instan.. ðŸ˜€
Jadi gimana dong ??? … ya meneketehe….itu terserah ente lah…mau pake apa …gkgkgkkg
Jadi gini aja, kalo menurut saya…dari tulisan saya yang seadanya tadi ( kalo lum puas..cari referensi sendiri )…bisa diambil point-point kesimpulan :
Pertama : jika komputer /laptop kita hanya memiliki RAM 2 GB atau kurang (karena pengalaman saya 4 GB juga gak kebaca di win 7 32-bit ), lebih baik pake OS yang 32-bit aja.
Kedua : jika kamu memiliki RAM diatas 4 GB, ya pakailah OS yang 64-bit, dan jangan gunakan hardware lama yang drivernya tidak tersedia untuk versi 64-bit (kalo hardware yang baru sekarang kebanyakan udah support) , karena OS 64-bit kebutuhannya lebih ke pekerjaan yang membutuhkan kinerja yang berat-berat, seperti compile program, rendering 3D, dan lain-lain ( tapi bukan angkat beban…. hehe).
Ohh iya lupa…keuntungan lainnya dari windows 64-bit adalah dari segi keamanan, ya lebih aman lah dari windows 32-bit, karena driver windows 64-bit harus benar-benar tersertifikasi oleh vendor hardware tersebut. Jadi sulit disusupi oleh program-program jahat ( itu menurut sumber dari blog tetangga sebelah…heuheu ).

Smoga bermanfaat….
Menasihati diri sendiri merupakan salah satu tugas yang tersulit. Karena yang akan melawan nasihat tersebut, adalah diri sendiri.